Selasa, 23 September 2008

Komponen SIM

Sebelum kita membahas dan menyebutkan Komponen-komponen yang terkait dalam SIM, ada baiknya terlebih dahulu kita mengerti maksud dan tujuan dari Sistem Informasi Managemen itu sendiri.


Menurut Drs. Moekijat (2005) : Sistem Informasi Manajemen


SIM
atau yang biasa dikenal dengan Sistem Informasi Manajemen adalah jaringan prosedur pengelolaan data yang diperkembangkan dalam suatu organisasi dan disatukan apabila dianggap perlu, dengan maksud memberikan data kepada manajemen setiap waktu diperlukan, baik data yang bersifat Intern maupun yang bersifat Extern, untuk dasar pengambilan keputusan dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
Maka SIM merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan satu sama lain dalam satu proses kerja dalam mencapai tujuan, untuk dapat menjalankan prosesnya maka dibutuhkan beberapa komponen pendukung dalam menjalankan proses kerja.

Komponen – komponen SIM tersebut dapat dikelompokkan menjadi

antara lain:

a. Sistem

Adalah suatu gugus komponen-komponen yang dirancang untuk menyelesaikan suatu tujuan tertentu sesuai dengan rencana, atau adanya maksud, dan tujuan yang mana system dirancang untuk mengerjakannya.

b. Subsistem

Adalah bagian atau anak cabang dari suatu sistem, atau bagian dari system yang mana rangkaian kegiatannya dapat ditentukan identitasnya, yang berhubungan dalam suatu system.

c. Data

Peristiwa atau kenyataan lainnya apa pun yang mengandung sesuatu pengetahuan untuk dijadikan dasar guna penyusunan keterangan, pembuatan kesimpulan atau penetapan keputusan. Atau ibarat bahan mentah yang melalui pengelolaan tertentu lalu menjadi keterangan.

d. Informasi

Adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata atau yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang

e. Manajemen

Pengertian Manajemen itu dapat dipandang sebagai :

· Orang-orang

· Proses

· Sistem kekuasaan

Jadi dalam hubungannya dengan SIM yakni semua orang yang mempunyai fungsi atau kegiatan pokok sebagai pemimpin – pemimpin kerja, atau seseorang yang memimpin semua hal dari suatu perusahaan, badan atau lembaga, team, dan sebagainya.

Tidak ada komentar: